sales@jogja-cctv.com (0274) 2882085 / 4362008
Panduan Memilih CCTV
January 25, 2018
0

Bagi orang awam, memilih CCTV untuk kebutuhan mereka terasa cukup menyulitkan, karena umumnya orang-orang tidak mengetahui pengetahuan dasar dari pemilihan CCTV tersebut. Oleh karena itu dalam artikel ini akan dibahas mengenai pengetahuan dasar yang dapat membantu pemilihan CCTV :

  1. Kebutuhan Channel / titik kamera awal.

Pada tahap awal ini, pengguna diharapkan dapat mengetahui titik lokasi mana saja yang akan diawasi oleh kamera CCTV. Perekam kamera CCTV atau yang disebut juga dengan DVR (Digital Video Recorder) memiliki channel perekaman mulai dari 4 channel, 8 channel, 16 channel, dsb.

Jadi apabila di masa yang akan datang dirasa akan dibutuhkan penambahan kamera, maka lebih baik membeli DVR yang memiliki channel yang lebih banyak.

Misalnya pada tahap awal kebutuhan, ditentukan akan dipasang 4 titik kamera CCTV, dengan spesifikasi diatas seharusnya DVR dengan 4 channel akan memenuhi kebutuhan ini, Namun disarankan agar memasang DVR dengan 8 channel atau lebih, untuk kebutuhan ekspansi di masa datang.

  1. Teknologi kamera

Setelah menentukan titik awal pemasangan, yang perlu ditentukan setelahnya adalah teknologi kamera CCTV yang dibutuhkan. Saat ini yang beredar dipasaran adalah teknologi kamera HD ataupun kamera IPCAM.

Keunggulan kamera HD (HDTVI) ini adalah biaya pemasangan yang lebih murah dengan hasil yang baik, sedangkan kamera IPCAM lebih ditujukan ke kebutuhan profesional dengan gambar yang sangat tajam (crisp) dan dapat terhubung ke jaringan komputer pada umumnya.

Untuk yang menyukai performa dan hasil yang lebih tajam, disarankan menggunakan teknologi IPCAM ini.

  1. Kamera Indoor dan Outdoor

Umumnya pembagian kamera CCTV terbagi menjadi 2 jenis, yaitu kamera Indoor yang disebut juga kamera dome, dan kamera outdoor yang disebut juga kamera bullet. Perbedaan mencolok dari bentuk kamera diatas, memaksimalkan pada penggunaan pada kebutuhan penggunanya. Untuk kamera outdoor biasanya sudah dilengkapi dengan fitur anti air, sehingga tidak mudah rusak karena hujan atau cipratan air, namun lebih baik jika pada proses instalasinya dibantu dengan adanya talang untuk menghalangi air langsung mengenai kamera.

  1. Kapasitas perekaman

Yang paling penting juga adalah memastikan kapasitas perekaman yang dibutuhkan, apakah dibutuhkan 1 minggu rekaman ataukah sampai 1 bulan rekaman. Semakin lama rekaman yang dibutuhkan maka dibutuhkan kapasitas rekaman (Harddisk) yang lebih besar.

  1. Backup listrik cadangan

Untuk menjaga performa instalasi CCTV tetap dalam kondisi prima, maka akan lebih baik melengkapi dengan penggunaan UPS. Alat UPS ini akan membackup daya ketika ada mati listrik, maupun ketika listrik sedang ada lonjakan. Meskipun tidak bisa bertahan lama, namun akan sangat membantu perangkat CCTV supaya awet dan tahan lama.

untuk mengetahui kebutuhan anda secara pasti, Anda dapat menghubungi kami untuk melakukan konsultasi, kami siap membantu anda, mulai dari perancangan hingga finalisasi project. Kami melayani pemasangan di area Jogja, dan sekitarnya. Hubungi kami sekarang juga !

call us : 0274-2882085

Leave a Reply

Call Now Button