reliance.cctv@yahoo.com (0274) 2882085 / 4362008
Merawat CCTV Jogja pada musim hujan !
January 18, 2019
0

Saat ini wilayah Jogja dilanda hujan yang cukup deras dan biasanya disertai dengan angin yang cukup kencang, nah bagaimana dengan perawatan peralatan elektronik di kantor / rumah khususnya CCTV supaya tetap bekerja dengan optimal dan terhindar dari kerusakan? Minimal mengurangi risiko kerusakan dari perangkat CCTV yang anda miliki.

Apabila musim hujan melanda, faktor risiko yang sering terjadi adalah adanya petir yang menyambar dan listrik yang tidak stabil / mati hidup. Berikut adalah tips dari kami untuk menjaga agar sistem CCTV yang telah terpasang tetap bekerja dengan baik :

1. Gunakan UPS / Uninterupted Power Supply.
Penggunaan UPS cukup penting di dalam menjaga stabilitas suplai daya ke perangkat CCTV yang ada. Sering kali ketika musim penghujan, listrik menjadi lebih tidak stabil (tegangan naik dan turun) serta sering terjadi mati listrik. Hal ini akan sangat berpengaruh pada peralatan CCTV. Oleh karena itu sangat dianjurkan untuk melengkapi sistem CCTV yang ada dengan UPS. Daya UPS yang bisa digunakan antara 500va-1200va disesuaikan dengan kebutuhan.

2. Pasang Power Surge Arrester.
Untuk daerah atau kawasan yang sering terjadi petir, disarankan menggunakan power surge arrester untuk mengurangi risiko kerusakan perangkat karena petir. Alat ini bentuk nya seperti colokan listrik biasa, namun sudah dilengkapi dengan anti petir, jadi ketika ada daya petir yang masuk kedalam sistem kelistrikan, maka tidak akan sampai pada perangkat elektronik / CCTV anda.

3. Bersihkan lensa kamera CCTV pada pemasangan outdoor.
Ketika musim hujan sangat diperlukan pengecekan kondisi kamera CCTV, terutama CCTV outdoor / luar ruangan. CCTV outdoor ini sering terkena dengan hujan, jadi perlu pembersihan lensa kamera luar secara berkala. Jika kita melihat kamera sudah berembun, berarti silica gel yang ada di dalam kamera sudah tidak baik, perlu diganti dengan silica gel yang baru.

4. Periksa konektor video dan power pada kamera CCTV.
konektor video dan power adalah konektor yang menyambungkan kabel dengan kamera CCTV, umumnya karena terkena panas dan hujan maka akan berkarat. Ketika hal itu terjadi biasanya gambar CCTV menjadi tidak optimal dan bergaris. Gantilah dengan konektor yang baru.

5. Antisipasi kerusakan dengan membackup data rekaman.
Untuk menghindarkan dari risiko kehilangan data, maka jangan lupa untuk membackup data rekaman secara berkala, sehingga terhindar dari risiko kehilangan data.

6. Gunakan housing kamera 

Untuk kamera CCTV outdoor saat ini sudah dilengkapi dengan sertifikasi IP66 dan IP67 yang sudah tahan air, namun alangkah baiknya jika kamera CCTV outdoor anda dipasang housing kamera, sehingga akan lebih sedikit terpapar air hujan, yang tentunya mengurangi kerusakan kamera.

7. Gunakan kabel RG6 untuk outdoor

Penggunaan instalasi kabel RG6 lebih baik untuk penggunaan outdoor, akan lebih baik lagi jika menggunakan pipa clipsal untuk kerapian dan keawetan kabel. Kabel yang rapuh akan mudah menimbulkan gambar yang tidak bersih.

Untuk kebutuhan CCTV JOGJA anda silahkan menghubungi kami, kami siap membantu anda, kami melayani wilayah Jogja dan sekitarnya. Free konsultasi di nomor 0274-2882085 !

Leave a Reply

Call Now Button